Kumpulan Resep Masakan Indonesia Praktis

Resep Dan Cara Membuat Bolu Koja Enak Lembut

Resep Bolu Koja -  khas bengkulu memiliki tekstur yang lembut dan berisi dengan paduan bahan agar - agar , tepung terigu , santan dan bahan lainnya sehingga membuat bolu koja ini mempunyai ciri khas tersendiri. Bahannya yang tergolong simpel dan mudah didapat membuat penggemar kue basah ini akan lebih praktis untuk membikin kue bolu koja dirumah sendiri. Disamping harus menggunakan bahan yang berkualitas , bunda juga harus teliti ketika melakukan proses pencampuran bahan - bahannya. Sama halnya dengan membuat kue bolu pada umumnya, pengadukan adonan yang tercampur rata adalah hal mutlak yang mesti bunda perhatikan. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak resep dan cara membuat bolu koja berikut ini ala resep masakan indonesia praktis :)

  • Tepung terigu 2. 5 gelas
  • Santan 4 gelas 
  • Daun pandan 10 lembar (blender dan ambil sarinya, campur dengan santan)
  • Gula pasir 1,5 gelas
  • Telur 2 butir
  • Margarine 3 sendok makan (lelehkan)
  • Agar agar bubuk 1 bungkus
  • Tepung sagu 5 sendok makan
  1. Campur menjadi satu tepung terigu, bubuk agar - agar dan sagu dalam sebuah wajan.
  2. Sementara itu kocok telur dan gula hingga merata. Kemudian masukkan campuran tepung diatas sedikit demi sedikit sambil diselingi santan dan diaduk perlahan sampai rata, lakukan cara ini sampai bahan tepung dan santan habis.
  3. Setelah itu tambahkan margarine yang telah bunda lelehkan tadi.
  4. Siapkan loyang / cetakan, lalu tuang adonan bolu koja kedalamnya ( cetakannya diolesi margarin dan taburan tepung terlebih dahulu ya sis supaya tidak lengket saat dipanggang)
  5. Terakhir oven atau panggang adonan selama 1 jam lebih sampai matang. ( tes tusuk dulu dengan lidi , jika tidak menempel berarti adonan sudah matang dan boleh di keluarkan)
  6. Jika dipastikan sudah matang, angkat dan dinginkan disuhu ruangan setelah itu baru dikeluarkan dari cetakan.

Pengocokan bahan adonan bolu koja tidak perlu mengembang ya sis, cukup di aduk dan dikocok merata saja. Sebagai catatan , adonannya sedikit cair ya bun :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Dan Cara Membuat Bolu Koja Enak Lembut

0 komentar:

Post a Comment