Kumpulan Resep Masakan Indonesia Praktis

Resep Kue Mangkok Lembut Mekar

Cara membuat kue mangkok khas indonesia tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita, kue ini sekilas mirip bolu kukus ya sist. Namun, jika kita perhatikan secara detail akan sangat berbeda, terutama dalam penggunaan bahan baku. Dimana kue mangkok ini menggunakan tape singkong sebagai salah satu bahan utamanya.

Selain demikian, proses membuat kue ini juga sangat praktis dan sederhana. Cocok bagi anda yang suka kue dengan tekstur lembut dan sedikit kenyal. Lantas, apa saja bahan yang perlu kita pesiapkan untuk membikin kue mangkok ini ? Lebih jelas, mari kita intip resepnya berikut ini khusus kami persembahkan untuk anda pengunjung setia blog resep masakan indonesia praktis :)

kue mangkok

Bahan kue mangkok

  • 150 gram tape singkong
  • 250 gram gula pasir
  • 200 gram tepung beras
  • 50 gram tepung terigu protein rendah
  • 200 cc air hangat
  • 100 cc air dingin
  • 200 cc air soda tawar
  • 1 sendok teh baking powder
  1. Langkah pertama campurkan tepung beras dengan air dingin sambil diaduk-aduk dengan tangan hingga tercampur rata.Tutup bagian atasnya dengan plastik, sisihkan dulu.
  2. Sementara itu campur dan aduk gula pasir dengan tape singkongnya, lalu uleni sampai halus dan lembut.
  3. Pada wadah yang lain, tuang air panas ke dalam tepung terigu, aduk sampai licin, sisihkan.
  4. Langkah berikutnya masukkan campuran tape tadi kedalam adonan tepung beras di atas, aduk dan uleni kembali sampai halus.
  5. Kemudian masukkan adonan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk rata.
  6. Setelah itu tambahkan juga baking powder dan air sodanya, aduk hingga rata.
  7. Terakhir masukkan adonan kedalam cetakan yang telah kita olesi dengan sedikit lapisan minyak/margarine. Kukus lebih kurang selama 25 menit atau sampai mengembang dan matang sempurna.

Agar hasil kue mangkok mengembang dengan sempurna, kukuslah dalam dandang yang memiliki uap panas yang cukup. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Kue Mangkok Lembut Mekar

0 komentar:

Post a Comment