Kumpulan Resep Masakan Indonesia Praktis

Cara Membuat Kulit Lumpia Yang Mudah

Kulit lumpia merupakan lembaran yang berbentuk tipis di buat dari tepung gandum yang dimanfaatkan juga sebagai pembungkus isian. Biasanya, isian itu terbagi dalam rebung, telur, sayuran fresh, daging, atau makanan laut. Di Indonesia, lumpia di kenal juga sebagai makanan khas Semarang. Tetapi, lumpia sudah meluas ke berbagai daerah di Nusantara dengan tata teknik pembuatan serta bahan-bahan yang sudah disesuaikan dengan adat setempat. Hal yang paling mutlak saat membuat lumpia yaitu bagian kulitnya dengan kata lain lembaran tipis pembungkus isinya.

Bahan paling utama yang dipakai untuk membikin kulit lumpia yaitu tepung terigu yang digabung dengan air serta sedikit garam dan telur. Nah ketentuan paling utama untuk menghasilkan kulit lumpia supaya di dapatkan hasil yang baik yaitu dari teknik mengaduk adonan atau tips menguleni dalam bhs Jawa harus betul-betul sempurna, selain itu ialah dengan menambahkan beberapa bahan lain untuk membikin kulit lumpia menjadi renyah, gurih serta mantap. Berdasar pada pendapat orang banyak, kulit yang baik yaitu kulit yang tidak tebal, garing, mulus, renyah dan pasti nya gurih dan enggak pecah waktu digoreng dan yang pasti rasanya juga enak. Akan tetapi tentu tiap-tiap orang mempunyai selera masing-masing dalam membikin kulit lumpia, ada yang gemar tipis, tetapi ada juga yang sukai tidak tipis. Buat anda yang gemar kulit yang tidak tebal poleskan adonan sekali saja pada wajan penggorengan, hasilnya bakal menjadi lebih liat pas telah dingin. Untuk yang senang tebal berikan adonan beberapa kali ketika menggoreng, hasilnya akan lebih tahan lama dalam hal kerenyahan nya. Pelajari juga: Resep pisang goreng renyah praktis

Untuk tips penyimpanan juga memengaruhi kerenyahan serta kegurihan dari lumpia. Apabila lumpia selekasnya dikonsumsi adabaiknya simpan di atas selembar daun pisang kemudian tutupi sisi atasnya dengan daun pisang juga, hal semacam ini akan mengeluarkan aroma lumpia jadi tambah menarik. Seandainya akan disimpan dalam tempo lama ada baiknya dimasukkan kedalam kantong plastik untuk melindungi agar tetap renyah.

Nah buat anda penggemar kuliner yang banyak menanyakan bagaimanakah membikin kulit lumpai yang baik, berikut akan saya bagikan resep nya mudah-mudahan resep yang akan saya bagikan ini cocok dengan hasil yang anda harapkan, dan resepnya selekasnya simak saja Tips Membuat Kulit Lumpia Yang Baik serta Benar yang berikut ini ala Resep Masakan Indonesia praktis. :)

Kulit Lumpia

Bahan-bahan :
  • 200 gr tepung terigu (tersedia dalam bermacam merk)
  • 1 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 150 ml telur (ambillah putih telurnya saja)
  • 2 sendok makan minyak sayur (untuk bahan olesan)
Resep Membuat Kulit Lumpia Yang Baik serta Benar :
  1. Masukkan serta campurlah tepung terigu dengan garam dalam satu wadah kemudian aduk-aduk sampai rata. Berikutnya masukkan putih telur dan aduk-aduk kembali dengan tangan sampai rata lalu tuang air sedeikit demi sedikit sembari terus diuleni. lakukan menguleni sampai air habis dan teruskan menguleni sesudah air habis selama 15 menit, berikutnya diamkan adonan selama 40 menit.
  2. Siapkan wajan anti lengket kemudian panaskan dengan memakai api kecil, oleskan wajan dengan sedikit minyak. Pakai kuas kue yang lebar, celupkan ke adonan dan poleskan ke wajan sampai rata.
  3. Goreng adonan sampai sisi tepi adonan mengelupas, berikutnya angkat serta tempatkan diatas daun pisang untuk menjaga supaya enggak lengket, lakukan sampai adonan habis.
Tips serta trick supaya kulit lumpia enggak terputus waktu digoreng :
  • Putih telur dapat dimanfaatkan, langkahnya campur putih telur dengan 1 sendok makan air dan kocok sampai rata. Berikan campuran putih telur dengan memakai kuas disepanjang sisi luar kulit lumpia yang akan direkatkan, kemudian tekan dengan cara perlahan-lahan.
  • Diamkan selama 15 menit supaya merekat lebih kuat. Waktu menggoreng upayakan hanya sekali saja membalik kulit lumpia bila sisi bawah telah berwarna kekuningan.
Nah sekian tadi resep membuat kulit lumpia serta tips supaya kulit lumpia tidak lepas waktu digoreng. Bahan-bahan yang dipakai diatas menghasilkan kurang lebih 32 lembar kulit lumpia. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Kulit Lumpia Yang Mudah

0 komentar:

Post a Comment