Kumpulan Resep Masakan Indonesia Praktis

Resep Bakso Ayam Enak dan Kenyal

Resep Bakso Ayam - Anda pasti bertanya-tanya, yang populer kan bakso sapi atau bakso ikan, saat ada sajian di pesta-pesta baik itu pesta pernikahan ataupun pesta ulang tahun, pastinya bila ada sop bakso yang ada adalah bakso daging sapi disertai bakso ikan. Namun beberapa orang tidak dapat menikmati bakso yang terbuat dari daging sapi karena hal pantangan dari sisi agama ataupun karena tidak bisa makan karena tidak suka baunya. Nah maka dari itu kami akan sajikan disini resep bakso ayam untuk anda sekalian mencoba membuatnya.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan untuk mengeksekusi resep bakso ayam
  • 1000 gram daging ayam giling
  • 300 gram air es dan es batu
  • 150 gram tepung sagu yang dilarutkan dengan air ( cukup sedikit saja airnya )
  • 1 sendok kecil merica bubuk
  • 4 sendok kecil garam halus
  • 2 sendok kecil gula pasir
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 1 sendok kecil baking soda
  • 2 siung bawang putih, digoreng kemudian dihaluskan
Resep Bakso Ayam

Sekarang saat semua bahan sudah siap maka waktunya kita mulai membuatnya :
  1. Potong-potong kecil daging ayam kemudian digiling halus, anda dapat gunakan gilingan daging ataupun blender. Jika anda memakai food processor atau blender maka perlu ditambahkan 6 sendok makan air es sehingga menjadi lebih mudah digiling.
  2. Tuangkan daing ayam yang sudah digiling tersebut kedalam wadah. Kemudian masukkan semua bahan, kecuali tepung sagu yang sudah dilarutkan dengan air dan es batu. Aduklah hingga rata.
  3. Setelah itu campurkan tambahkan larutan tepung sagu dan aduklah hingga rata.
  4. Yang terakhir masukkan es batu, angkat adonan dan mulai banting-banting hingga es batu mencair, ini dimaksudkan agar bakso nantinya menjadi lebih garing.
  5. Rebus air sampai mendidih lalu matikan kompor.
  6. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat bakso, anda bisa gunakan tangan saja dengan cara diperas yang nantinya akan muncul di antara ibu jari dan jari telunjuk lalu cedok dengan sendok makan dan celupkan langsung setiap bakso yang sudah anda bentuk ke dalam air yang mendidih tadi sampai semua adonan sudah habis.
  7. Apabila bakso-bakso tersebut sudah mengapung dan berubah warna seutuhnya, maka itulah tandanya bakso-bakso tersebut sudah matang.
  8. Angkat dan tiriskan serta siapkan kuah yang sudah dibumbui dengan garam, micin dan bisa juga ditambahkan kecap manis sesuai selera anda.
Resep bakso ayam ini disajikan untuk orang-orang yang ingin menikmati bakso tapi tidak dapat makan bakso sapi ataupun bakso ikan karena kondisi-kondisi tertentu.
Nah itulah resep bakso ayam yang kami sajikan untuk anda dapat nikmati. Silahkan dicoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Bakso Ayam Enak dan Kenyal

0 komentar:

Post a Comment