Kumpulan Resep Masakan Indonesia Praktis

Cara Membuat Bolu Pandan

Bolu pandan - merupakan kue yang dibuat dari campuran tepung terigu, telur, pasta pandan dan baking powder sebagai pengembangnya. Layaknya seperti membuat kue bolu pada umumnya, telur di kocok sampai mengembang bersama dengan mentega dan pengembang kue selanjutnya ditambahkan bahan - bahan pelengkap lain supaya menghasilkan kue bolu pandan  yang enak dan empuk.

Kue bolu tergolong ke dalam variasi kue yang mudah dimodifikasi warna dan rasanya, seperti bolu keju, kue bolu keju kukus , bolu keju panggang, bolu gulung, resep bolu pisang, kue bolu coklat, bolu karamel, bolu ubi, dan sebagainya. Sehingga banyak sekali masyarakat indonesia yang mempelajari untuk membuat kue basah ini.

Untuk tekstur bisa dibilang hampir sama dengan cake pandan , bedanya terletak pada pemakaian jumlah butir telurnya saja . Nah , lebih lengkapnya yuk kita simak resep bolu pandan berikut ini :)


Bolu Pandan

Bahan Bolu Pandan

 

  • Tepung terigu 150 gram
  • Gula halus 150 gram
  • Telur ayam 6 butir
  • Mentega 100 gram, cairkan
  • Pasta pandan 1 sendok teh
  • Air daun suji 1 sendok makan
  • Baking powder ½ sendok teh

Cara membuat Bolu Pandan


  1. Kocok telur dan bersama dengan gula halus sampai mengembang.
  2. Kemudian campurkan terigu dan baking powder, ayak menjadi satu.
  3. Masukkan hasil ayakan tadi ke dalam kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diselangi dengan mentega yang sudah dicairkan tadi. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Tambahkan air suji dan pasta pandan, aduk kembali hingga merata.
  5. Siapkan cetakan bolu / loyang, lalu bunda olesi dengan sedikit mentega dan taburi dengan tepung terigu agar nanti adonannya tidak lengket waktu dipanggang.
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan yang telah disiapkan tadi.
  7. Masukkan dalam oven dan panggang dengan suhu 180ÂșC lebih kurang 30 menit.
  8. Keluarkan dan biarkan dingin di suhu ruangan terlebih dahulu.
  9. Potong kue bolu sesuai selera, kemudian hidangkan.
Bagi bunda yang susah mencari pasta pandan kami sarankan gunakan saja daun pandan beberapa lembar kemudian blender dan ambil sarinya, selain hemat cara ini juga lebih higenis dan alami. Dan jika ingin warna hijaunya lebih hidup bunda juga dapat menambahkan air daun suji ke dalam adonan. Selamat mencoba dan salam sukses :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Bolu Pandan

0 komentar:

Post a Comment