Kumpulan Resep Masakan Indonesia Praktis

Cumi Goreng Tepung Crispy , resep dan cara membuat


Cumi Goreng Tepung Crispy

Cara membuat cumi goreng renyah yang perlu bunda perhatikan adalah kualitas cumi itu sendiri, apakah masih fresh ?  Ini adalah salah satu faktor penting yang harus bunda ketahui. Lantas bagaimana cara mengetahui cumi yang bagus dan fresh ? Coba bunda tekan dagingnya kenyal atau tidak, terus apakah cuminya mengeluarkan bau busuk ? Jika ya, abaikan saja dan cari tempat yang lain :)

Selanjutnya cara membersihkan cumi, pertama keluarkan benda keras yang terdapat pada punggungnya dengan cara ditarik perlahan - lahan, pastikan jangan sampai putus ya bun. Setelah itu coba ditekan kepalanya sampai ketemu bagian yang keras, kalau yang ini cukup dengan ditekan pada bagian tersebut hingga benda kerasnya keluar. Terakhir buang tinta hitamnya dengan cara disemat pake lidi jika ingin kepala cumi tetap bersatu dengan badan :) 

Ok, sekarang mari kita pelajari resep dan cara membuat cumi goreng tepung berikut ini yuk. Sebelumnya coba juga yang ini ya bun cara membuat udang balado enak :)
  • 750 gram cumi. bersihkan dan potong seperti betuk cincin (jangan terlalu lebar ya sis).
  • 2 buah jeruk nipis. peras airnya 1,5 sendok makan.
  • 1 butir telur ayam.
  • 1 sendok teh Merica bubuk
  • 1 sendok teh Bubuk Kaldu Ayam
  • 150 gram Tepung terigu
  • 1 sendok teh garam.
  • 1 sendok teh Jahe parut
  • 2 siung Bawah putih, diparut
  • Minyak untuk menggoreng.

Cara Membuat Cumi Goreng Tepung Renyah Gurih

  1. Rendam cumi yang telah dipotong tadi dengan perasan air jeruk nipis lebih kurang selama setengah jam.
  2. Sementara kita buat dulu bahan pencelupnya di wadah yang berbeda,campurkan tepung terigu, merica, jahe, garam, bawang putih dan kaldu ayam. Aduk rata.
  3. Kemudian masukkan telur, aduk kembali hingga rata. Pastikan adonannya tidak ada yang menggumpal.
  4. Selanjutnya masukkan potongan cumi tadi ke dalam adonan, aduk hingga semua bagian cumi tertutup rata.
  5. Panaskan wajan di atas api sedang, lalu tuang minyak goreng yang banyak. Tunggu sampai minyaknya benar - benar panas.
  6. Goreng daging cumi sampai berwarna kecoklatan dan matang ( jangan terlalu lama agar cumi goreng tepung tidak menjadi keras)
  7. Angkat dan tiriskan. Sajikan cumi goreng dengan sambal kesukaan anda :)
Untuk menghasilkan cumi goreng yang benar - benar empuk dan crispy sebaiknya sebelum dimasak daging cumi dipukul - pukul terlebih dulu ( jangan terlalu keras karena dapat merusak dagingnya) . Selain cara tersebut, bunda juga dapat membekukannya sebelum dimasak :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cumi Goreng Tepung Crispy , resep dan cara membuat

1 komentar:

  1. Waawww mantap, ternyata ada cumi goreng tepung krispy saya baru tau lo setelah baca artikelnya. pasti lebih enak dan gurih, makasih atas resepnya...

    ReplyDelete