Kumpulan Resep Masakan Indonesia Praktis

Cara Membuat Mie Telur Kenyal Di Rumah Sendiri Dengan Mudah

Cara Membuat Mie Telur Kenyal - Mie adalah makanan alternatif kesukaan orang indonesia yang paling banyak di konsumsi selain nasi. Tidak bisa di pungkiri lagi, rasanya yang lezat membuat lidah orang indonesia akan ketar - ketir oleh kelezatan mie telur ini :)

Aneka masakan berbahan dasar mie bisa dengan mudah kita dapat di seluruh nusantara kita ini, mulai dari mie ayam bakso , mie goreng telur, resep mie aceh, dan masih banyak lagi. Namun apa yang terlintas di pikiran anda ketika menyantap mie ? Lezat , gurih, mantab atau berbahan pengawet ?

Nah, bagi anda yang selalu dihantui oleh makanan luar yang berbahan pengawet, khususnya mie . Menurut kami , tidak ada salahnya jika anda mempelajari sendiri cara membuat mie yang higenis dirumah . Untuk bahan dan cara membuatnya anda tidak perlu berkecil hati, karena admin blog resep masakan indonesia praktis sudah terlebih dahulu menyiapkan resep dan cara membuatnya berikut ini :)

Mie Telur

Bahan Mie Telur :
  • Tepung terigu 250 gram
  • Tepung tapioka atau tepung kanji 35 gram
  • Garam halus 1 sendok teh
  • Minyak bawang 3 sendok makan
  • Telur ayam 2 butir
  • Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh
  • Air bersih 40 cc
Jika bahan di atas sudah tersedia, sekarang mari kita lanjut ke langkah berikutnya.
  1. Langkah pertama untuk membuat mie telur adalah mencampurkan tepung tapioka dan tepung terigu dalam wadah yang satu, lalu aduk hingga merata.
  2. Masukkan telur ayam dan minyak bawang , aduk dan uleni sampai rata.
  3. Langkah berikutnya campurkan kaldu bubuk, garam dan air dalam wadah yang berbeda, aduk rata.
  4. Tuangkan campuran kaldu bubuk tersebut ke dalam campuran tepung di atas sedikit demi sedikit sambil terus di uleni hingga menjadi adonan yang kalis.
  5. Masukkan adonan yang sudah di uleni ke dalam plastik, diamkan selama 20 menit.
  6. Jika sudah 20 menit, ambil dan pipihkan dengan menggunakan botol atau bisa juga pake penggiling khusus. ( cetak dengan ketebalan 3 mm )
  7. Setelah itu bentuk adonan yang telah di pipihkan tadi dengan penggiling hingga menjadi mie yang panjang.
  8. Masukkan adonan yang sudah menjadi mie tersebut ke dalam air mendidih selama 2 menit, lalu angkat dan tiriskan.
  9. Olah mie bikinan anda tadi sesuai selera.
  10. Selesai.
Mudah sekali bukan ? Walaupun tips membuat mie telur ini tergolong mudah tapi bunda juga harus jeli ketika menggunakan bahan bakunya. Pilihlah tepung terigu yang bergluten tinggi dengan tingkat proteinnya di atas 12%  lebih ya bun, sehingga tidak akan membuat mie cepat putus :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Mie Telur Kenyal Di Rumah Sendiri Dengan Mudah

1 komentar:

  1. Akhirnya dapet juga resep ini... thanks min tinggal praktek nih semoga seenak di mangkok ramen (resto jepang depan rumah)

    ReplyDelete